Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Air Telah Memberikan Segalanya


Begitu bijaknya Tuhan memberikan tempat terbaik bagi makhluk ciptaannya. Ya ! Bumi. Planet yang hampir seluruh permukaannya terselimuti oleh air dan hanya tersisa sebanyak 29.2 % daratan sebagai alas kehidupan manusia. Di bumi, manusia dipersatukan dengan alam dan airlah sebagai unsur terpenting bagi semua makhluk bumi. Inilah jawaban mengapa Tuhan menciptakan bumi yang didominasi oleh air dan menjadikannya tempat ternyaman untuk kehidupan makhluknya.

Air memang memegang peranan penting bagi manusia. Pemanfaatan yang disertai pelestarian

amatlah penting demi menselaraskan kehidupan manusia dengan air itu sendiri. Sebut saja banjir. Salah satu bencana terbesar di negeri ini disebabkan oleh manusia yang tidak mau melestarikan lingkungannya khususnya air sungai, waduk, danau, maupun laut. Hujan yang mengguyur tanpa henti disuatu daerah tidak dapat dijadikan suatu alasan yang dominan terhadap bencana banjir melainkan ulah manusialah yang menjadi sebab dominan bencana tersebut. Limbah kimia pabrik yang dituang ngawur di sungai juga dapat memicu rusaknya ekosistem dalam air dan membahayakan manusia yang memanfaatkan air tersebut. Perlu adanya penanggulangan limbah yang ramah lingkungan. Agar tidak terjadi penumpukan logam-logam berat, maka limbah industri hendaknya dilakukan pengolahan sebelum dibuang dan memang hal tersebut membutuhkan mesin canggih yang dapat menguraikan bahan-bahan beracun.

Pemanfaatan air yang disertai pelestarian bertujuan agar kualitas air tetap terjaga dengan baik. Selain itu agar air bersih dapat terus menemani dan memenuhi kebutuhan hidup manusia hingga kemasa yang akan datang. Oleh karena itu dalam penyelesaiannya, masyarakat tidak hanya mengandalkan pemerintah saja tetapi peran serta masyarakat tersebut sangat dibutuhkan agar penyelesaiannya dapat berjalan efektif dan efisien. Peran serta masyarakat amatlah penting walau hanya sebagian kecil yang dapat kita lakukan. Banyak hal yang bisa kita lakukan misalnya saja tidak menggunakan air secara berlebihan bukan hanya untuk menghemat uang tetapi hal ini penting diterapkan agar penghematan air bersih dapat dilakukan secara berkala. Selain itu Membuang sampah di sungai dan saluran air dapat menyumbat aliran air tersebut sehingga terjadinya luapan air yang menyebabkan banjir. Tidak menggunakan pupuk pestisida secara berlebihan agar sisa pupuk tidak mencemari air. Untuk aktivitas rumah tangga hendaknya menggunakan detergent yang ramah lingkungan dan tidak mengandung fosfat.

Pencemaran air memang tak bisa dihindarkan namun satu hal yang dapat kita lakukan adalah mengurangi, mengendalikan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat dari berbagai generasi terhadap lingkungannya agar tidak bertambah mencemari lingkungan tersebut khususnya sungai yang merupakan wadah air dan ekosistem alam. Pelestarian air perlu dilakukan secara berkala agar kualitas air dapat terus terjaga hingga bertahun-tahun lamanya sehingga generasi berikutnya dapat terus memanfaatkan kebaikan air dan disertai pelestariannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar