Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mau Tinggal di Planet Mana Lagi??



Bumi adalah satu-satunya planet yang paling sempurna di antara planet-panet lain di alam semesta ini. Birunya laut dan hijaunya hutan menggambarkan begitu besarnya kekayaan alam di bumi.Indonesia sendiri merupakan pulau-pulau yang membentang luas di bagian tenggara planet bumi yang memiliki sejuta pesona beserta kekayaan alamnya yang melimpah disetiap pulaunya. Hutan tropis di Indonesia menempati urutan ketiga didunia yaitu 138 juta Ha. Hal inilah yang menempatkan Indonesia sebagai paru-paru dunia.



Namun seiring waktu berjalan, banyak tangan-tangan kotor manusia yang memanfaatkan keberadaan hutan maupun tanah hijau (sawah,ladang dan taman) tersebut dengan mengalih fungsikan menjadi tempat-tempat komersial misalnya pembuatan mall, perumahan, dan gedung-gedung bertingkat lainnya tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan. Selain itu permasalahan yang banyak ditemukan di kota-kota besar yaitu kemacetan. Kemacetan bisa terjadi akibat banyaknya volume kendaraan ataupun dikarenakan banjir. Jakarta sendiri menempati urutan ketiga sebagai kota termacet didunia. Hal ini tidak hanya menyebabkan waktu yang terbuang sia-sia tetapi juga menimbulkan polusi udara yang ditimbulkan oleh gas emisi kendaraan. Oleh karena itu dalam penyelesaiannya, masyarakat tidak hanya mengandalkan pemerintah saja tetapi peran serta masyarakat tersebut sangat sibutuhkan agar penyelesaiannya dapat berjalan efektif dan efisien.

Tidak hanya itu, perubahan iklim yang kian tak menentu pun berdampak fatal. Di Indonesia sendiri cuaca buruk mewarnai hari-hari di akhir tahun 2010 dan menjelang 2011 hingga di awal 2011. Sementara itu kondisi kutub di belahan utara dan selatan bumi menunjukkan aktifitas-aktifitas pemanasan global. Besarnya volume es yang mencair terjadi akibat panas matahari yang dapat terjun bebas ke muka bumi karena lubang ozon di atmosfer yang kian hari kian membengkak. Lubang ozon tersebut diciptakan oleh aktifitas-aktifitas manusia yang secara berkala mebuang gas-gas berbahaya ke lapisan atmosfer bumi. Kutub es yang kian hari kian menyusut membuat ngeri para ilmuwan yang menyimpukan bahwa ada kemungkinan besar es akan meleleh di tahun-tahun mendatang yang menyebabkan naiknya volume air laut di bumi. Bagaimana nasib Negara kepulauan Indonesia di tahun-tahun mendatang? Wallahualam.

Lalu, apa saja yang dapat kita lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut? Jawabannya, banyak ! Ya banyak sekali hal-kecil yang bisa kita lakukan misalnya pergi ke kampus/kantor/sekolah dengan membiasakan diri menggunakan angkutan umum atau sepeda, menanam tanaman di sekitar rumah, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya dengan mengklasifikasikan sampah tersebut, tidak membakar sampah plastik, menanam kembali hutan yang telah gundul, memperbanyak tanah hijau (sawah, ladang, taman), tidak memakai tissue atau kertas berlebihan, menggunakan barang yang ramah lingkungan, megurangi pemakainan AC, dan masih banyak lagi. Tinggalkan motor atau mobil anda yang beracun itu. Tanamkan jiwa kepedulian terhadap lingkungan mulai detik ini. Lebih cepat lebih baik. Kalau tidak segera, mau tinggal diplanet mana lagi?

INDONESIAN FORESTS

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

fizer0 mengatakan...

di planet Namex mungkin,, hhe...

salam kenal...

Anonim mengatakan...

bagus tulisanya...
,
marilah mulai dari diri kita sendiri untuk penduli terhadap lingkungan.
^^'

Rianty Azmi mengatakan...

hahha makadari itu para ilmuwan lagi gencar2nya mencari planet yang siap di huni manusia
tapi di Al quran berkata lan
bumi adalah satu2nya planet yang bisa kita jadikan rumah


@taufik makasih.. follow pls hhhe

Posting Komentar